Sunday, September 8, 2024
HomeBeritaDibantu Kemenaker RI, LPKS Surya Rasa Sejahtera Siap Ciptakan Wirausahawan Profesional di...

Dibantu Kemenaker RI, LPKS Surya Rasa Sejahtera Siap Ciptakan Wirausahawan Profesional di Bidang Tata Kecantikan

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Surya Rasa Sejahtera ditahun anggaran 2024 ini, untuk kedua-kalinya mendapatkan Program Bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

LPKS Surya Rasa Sejahtera, merupakan lembaga pelatihan swasta yang bergerak dalam bidang pelatihan dan pemberdayaan kewirausahaan tata kecantikan, untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor tata rias kecantikan. Bertempat di Perum Karaba, Telukjambe Timur, Karawang, Jawa Barat.

LPKS Surya Rasa Sejahtera, telah melatih lebih dari 2000 sumber daya manusia (SDM), di sektor tata rias kecantikan, di bidang salon, tata rias, dan pemberdayaan tata kecantikan. Serta menciptakan lebih dari 300 wirausaha baru di sektor fashion dan beauty.

LPKS Surya Rasa Sejahtera saat ini telah bermitra dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang dan Disnakertrans Karawang selama 20 Tahun, menjadi pusat inkubasi yang menciptakan para trainer Nasional KKIN 2022. Dan mendapatkan Sertifikat BNSP dan Sertifikat LPKS Surya Rasa Sejahtera.

Harry, Asesor Kecantikan Tingkat Nasional, dan juga selaku Owner Harry Art Group menjelaskan berdirinya LPKS Surya Rasa Sejahtera berawal dari keinginan serta impian. Dengan berorientasi menciptakan bidang usaha baru dimana para peserta pelatihan nantinya bisa menjadi pemilik atau owner dalam usahanya.

“Alhamdulillah, Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, kembali memberikan kami program bantuan LPKS, ditahun anggaran 2024 lebih dari 3 sampai 4, sebelumnya di tahun 2023 lalu kita memang hanya mendapatkan 1 paket saja,” kata Harry.

“Paket yang diberikan tahun ini untuk 32 siswa dengan 5 instrukstur bersertifikat Nasional diantaranya, pendidikan (ilmu), fasilitas, termasuk seragam, makan siang dan lainnya. Juga bahan-bahan praktek karena pelatihan ini gratis. Sementara peralatan praktek memang di LPKS ini sudah lengkap,” jelasnya lagi.

Ia pun berharap, dari program pelatihan ini, LPKS Surya Rasa Sejahtera bisa menciptakan wirausaha baru. Dengan terus diinkubator dan dilakukan pembinaan.

” harapan besar kami adalah tentunya menjadi bagian dalam bersinergi untuk memajukan Kabupaten Karawang, dengan menciptakan lapangan-lapangan kerja baru dibidang tata kecantikan,” harap Harry, kepada wartawan, Senin (16/7/2024), saat menerima Kunjungan Asisten Daerah I Bidang Pemerintahan Kabupaten Karawang, Asip Suhendar di LPKS Surya Rasa Sejahtera.

Ditempat yang sama, Rahmat Wiguna, Ketua Ekraf Kabupaten Karawang, menyampaikan dukungannya kepada LPKS Surya Rasa Sejahtera untuk terus berkembang menciptakan ahli-ahli kecantikan yang benar-benar profesional. Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru, dimana masyarakat Kabupaten Karawang tidak harus keluar kota hanya untuk mendapatkan perawatan kecantikan serta tata rias dan salon.

“Bidang kecantikan dan tata rias hari ini sangatlah menjanjikan, dan LPKS Surya Rasa Sejahtera ini adalah pelopor, semoga seluruh peserta pelatihan ini terus semangat. Dan LPKS ini harus lebih maju dan berkembang lagi, dan anak-anak Karawang harus banyak terserap dibidang kecantikan ini, terutama menjadi pengusahanya atau bekerja di salon-salon kecantikan tingkat nasional,” ungkap Rahmat Wiguna.

Sementara itu, Asip Suhendar Asda 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Karawang, menjelaskan bahwa, LPK SRS ini sangatlah bagus dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru dan juga SDM berkualitas.

Menurutnya, bidang kecantikan seperti ini dapat membantu pemerintah dalam ketahanan UMKM, serta bertujuan membentuk SDM menjadi memiliki kemampuan dalam usaha, dan kedepannya menjalin tenaga kerja yang baru.

“Semoga para peserta untuk serius dalam menjalankan pelatihan hingga selesai, agar setelah mengikuti pelatihan ini dapat lebih mumpuni dibidangnya dan bermanfaat untuk lebih berkembang lagi bahkan bisa menjadi pemilik usaha,” ucapnya.

Reporter : Nina Melani Paradewi

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments