Thursday, October 17, 2024
HomeDaerahKetua DPRD Karawang Terkonfirmasi Positif Setelah Divaksin, Ini Penjelasan Jubir Satgas Covid-19.

Ketua DPRD Karawang Terkonfirmasi Positif Setelah Divaksin, Ini Penjelasan Jubir Satgas Covid-19.

Karawang – Onediginews.com – Baru satu pekan usai mendapatkan Vaksin Covid-19 Sinovac tahap pertama, Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Pendi Anwar dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Senin (8/2/2021).

Teka-teki penyebab Ketua DPRD kena Covid-19 pun akhirnya terjawab!

Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Covid- 19 Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana menjelaskan tidak serta merta orang yang telah disuntik vaksin Covid-19 langsung bisa kebal dari virus tersebut.

Namun, tubuh manusia membutuhkan waktu untuk membentuk antibodi yang mampu menangkal virus Covid-19.

” Ketua DPRD menjadi orang pertama yang mendapatkan vaksin Covid-19, namun karena vaksinasi ini merupakan vaksinasi yang pertama, dimana vaksinasi ini  baru mengenai anti bodi yang masuk kedalam tubuh kita,” jelasnya.

“Dan anti bodi ini baru terbentuk setelah 28 hari atau 4 minggu setelah suntikan Vaksin Covid-19 yang kedua,” kata dr. Fitra lebih lanjut, kepada Onediginews.com, Selasa (9/2/2021).

Bahwa kemudian apakah setelah diberikan Vaksin pertama masih bisa tertular covid- 19 ?  jawabannya bisa, kata dr. Fitra menandaskan.

“Karena anti bodi ini belum terbentuk didalam tubuh pasien yang disuntik vaksin pertama sekitar hari ke-28 setelah suntikan (vaksin) kedua, baru mulai terbentuk antibodi,” paparnya.

Diungkapkan dr. Fitra, apa yang menimpa Ketua DPRD Kabupaten Karawang diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi seluruh tenaga kesehatan (Nakes) juga seluruh masyarakat Karawang bahwa apabila sudah di vaksin pertama masih bisa terkena Covid -19.

Oleh karenanya, ia menghimbau kepada nakes dan masyarakat Karawang umumnya untuk tetap menjaga protokol kesehatan.

Ditanya soal tracking  yang dilakukan setelah diketahui Ketua DPRD terkonfirmasi positif , Ia hanya mengatakan hal tersebut sedang dilaksanakan secepatnya oleh Satgas Covid-19.

Namun ia enggan menduga – duga berasal dari Klaster manakah Ketua DPRD tertular Covid-19.

“Kalau itu saya tidak mau menduga – duga, sedang dilaksanakan tracking secepatnya, Dan yang bersangkutan  tidak akan melaksanakan vaksinasi tahap dua karena yang bersangkutan sudah mempunyai anti bodinya sendiri,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Pendi Anwar dinyatakan positif Covid-19 usai dirinya menjalani swab test PCR di RSU Paru Jatisari.

Padahal, Pendi Anwar adalah orang pertama yang menerima suntik vaksin tahap pertama pekan lalu dan menunggu vaksin kedua yang rencananya akan turun pada minggu-minggu ini.

Kini, Pendi Anwar harus menjalani isolasi mandiri di salah satu hotel di Jalan By-Pass Karawang sebagai tempat isolasi baginya yang sudah disediakan oleh pemerintah. (nina)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments