Sunday, September 8, 2024
HomeBeritaKurangi Pengangguran Bendung Percaloan, Andri : Jika Info Loker Dikuatkan Oleh Regulasi!!

Kurangi Pengangguran Bendung Percaloan, Andri : Jika Info Loker Dikuatkan Oleh Regulasi!!

KARAWANG | ONEDIGINEWS.COM | Jumlah dan nilai investasi yang ada di Kabupaten Karawang terus mengalami lonjakan setiap tahunnya, perusahaan – perusahaan produkis yang membutuhkan buruh sebagai pekerja tidak sedikit jumlahnya. Hanya saja, problematika pengangguran bagi masyarakat Karawang belum dapat dituntaskan.

Sebelumnya diera kepemimpinan Cellica Nurrachadiana sebagai Bupati Karawang, sempat mengeluarkan kebijakan yang berpihak pada potensi lokal. Dimana kebijakan tersebut memanfaatkan perkembangan jaman, yaitu berupa Informasi Lowongan Kerja (Infoloker) secara Online.

Secara teknsi, Infoloker yang sempat digagas mantan Bupati 2 periode itu, memang terhitung inovatif dan sangat berpihak pada potensi tenaga kerja lokal. Dimana, untuk dapat mengaksesnya, diharuskan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Karawang.

Maka secara otomatis, pencari kerja dari luar Karawang, apa bila tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Karawang, tidak dapat mengaksesnya.

Pemerhati politik dan pemerintahan, Andri Kurniawan yang sejak awal mengapresiasi inovasi ketenaga kerjaan yang digagas oleh Bupati Cellica Nurrachadiana berpendapat,

“Sebagus apa pun suatu inovasi kebijakan, jika tidak diback up dengan penguatan regulasi, tentunya akan sangat mudah dipatahkan,”kata Andri.

“Sejak dari awal, saya sudah menyarankan, supaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) segera merumuskan rancangan regulasi, untuk selanjutnya dibuatkan produk legislasi,” ujarnya.

Saat ini, Andri menambahkan, persoalan ketenagakerjaan kembali menghangat di Kabupaten Karawang, dikarenakan angka pengangguran terus meningkat. Reaksi berbagai elemen masyarakat mulai kembali disampaikan ke ruang publik, termasuk melalui aksi unjuk rasa.

“Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Karawang sebagai leading sektor ketenagakerjaan selalu menjadi tumpuan utama bagi para Pencaker, khususnya warga lokal Karawang. Tetapi, apa lah daya. Suatu Organisasi Perangkat Daerah (OPD), hanya pelaksana teknis yang rujukannya adalah regulasi. Jika tidak diback up oleh regulasi, Disnaker tidak memiliki daya dan upaya untuk membendung dugaan percaloan ketenaga kerjaan,” pungkasnya. (Red)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments