Saturday, September 21, 2024
HomeKomunitasMiliki Potensi, Perakit Pesawat Aeromodeling Mendapat Pelatihan dari Disnakertras Kab Sumedang 

Miliki Potensi, Perakit Pesawat Aeromodeling Mendapat Pelatihan dari Disnakertras Kab Sumedang 

SUMEDANG | ONEDIGINEWS,COM | Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang melalui Asosiasi Business Development Services Indonesia Kabupaten Sumedang melaksanakan Penutupan Pelatihan Pengembangan Desa Produktif terkait “Pelatihan Kerja kerajinan Tangan” dalam rangka pengukuran produktifitas tingkat Kabupaten/Kota tahun anggaran 2022. Bertempat di Kawasan Wisata Panenjoan Desa Pasirbiru Kecamatan. Rancakalong. Sabtu, (23/07/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut Unsur jajaran Forkopimcam Kecamatan Rancakakalong, Kepala Bidang Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Disnakertrans Kabupaten Sumedang, Kepala Bidang UMKM DISKOPUKMPP Kabupaten Sumedang, Ketua dan Sekerteris ABDSI Kabupaten Sumedang, dan unsur lainya.

Seperti diketahui, bahwa Kelompok Usaha Bersama Sugema Mandiri mendapatkan pelatihan dan pembinaan guna pengembangan usaha dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang terkait program pelatihan pengembangan Desa Produktif terkait pelatihan kerja kerajinan tangan. Diantaranya seperti Perakitan Pesawat Aeromodeling serta pembuatan gantungan kunci yang berbahahan dari kayu.

Saat dikonfirmasi, Mentor Kube Sugema Mandiri dan juga selaku Sekertaris Asosiasi Business Development Services Indonesia Kabupaten Sumedang (Atikah, S.Pd.) mengatakan bahwa pihaknya pada kesempatan ini sudah dua minggu berjalan mendampingi kelompok usaha bersama sugema mandiri.

” Kebetulan kami selama dua minggu mendampingi para anggota Kube Sugema Mandiri yang terbentuk pada hari kamis minggu lalu. Alhamdulillah, dalam kesempatan ini kami didukung oleh kepala Desa dan juga oleh Camat Rancakalong. Dalam satu tahun ke depan kami tentunya masih mendampingi Kube Sugema Mandiri,” Ucap Atikah.

Dikatakanya, terkait pelatihannya diantaranya ada dua produk yaitu perakitan Pesawat Aeromodeling dan pembuatan gantungan kunci yang terbuat dari kayu gantungan kunci berbahan dasar kayu triplek dengan berbagai gambar dan tulisan seperti gambar.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelatihan Vokasi dan Produktivitas pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedag (Drs. Gunawikarya, M.Si.) mengatakan bahwa pada hari ini melaksanakan kegiatan penutupan dalam rangka pengembangan Desa Produktif terkait pelatihan kerajinan tangan oleh kelompok usaha sugema mandiri di Desa Pasirbiru Kecamatan Rancakalong.

” Potensi yang di miliki oleh Desa Pasirbiru yaitu terkait membuat Pesawat Aeromodeling, untuk Aeromediling kan jarang ya, maksudnya sengaja kami latih kelompok tersebut agar dapat lebih berkembang dan bermuara kepada kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, terkait dengan pelatihan tersebut. Pihaknya memfasilitasi untuk pelatihan serta memberikan hibah peralatanya sesuai apa yang mereka “kelompok” butuhkan. Dari kelompokk tersebut pun terdiri dari beberapa mayarakat yang terdata di DTKS.

” Sedangan untuk pelatihanya, kami libatkan dari Asosiasi Business Development Services Indonesia Kabupaten Sumedang untuk membina, mengelola, kemudian dari sisi management serta untuk pemasaran produk yang di hasilkan oleh kelompok tersebut,” tuturnya.

” Dan kenapa kami memilih kelompok bukan per orangan ? Karena diharapkan dapat saling mengisi dan dapat berkembang,” pungkasnya.

(rpg)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments