Saturday, September 21, 2024
HomePemerintahanPeringati Hari Koperasi Ke -75, DEKOPINDA Kab Sumedang Gelar Penyuluhan Hak Dan...

Peringati Hari Koperasi Ke -75, DEKOPINDA Kab Sumedang Gelar Penyuluhan Hak Dan Kewajiban Pajak Bagi Koperasi

SUMEDANG | ONEDIGINEWS.COM | Guna meningkatkan pemahaman terkait perpajakan bagi seluruh koperasi di Kabupaten Sumedang, DEKOPINDA Kabupaten Sumedang menggelar Sosialisasi Penyuluhan Hak dan Kewajiban Pajak. bertempat di Gedung KPRI KGS Sumedang, Rabu (29/06/2022).

Berdasarkan informasi kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada koperasi dalam memenuhi hak dan kewajibanya dalam perpajakan. Selain itu juga kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Koperasi ke 75 Tahun 2022.

Dalam Sambutannya Ketua DEKOPINDA Kabupaten Sumedang Ade Effendi, menyampaikan bahwa DEKOPINDA merupakan suatu wadah yang berfungsi sebagai alat untuk memperjuangkan aspirasi koperasi, memasyarakatkan koperasi di masyarakat, melaksanakan pendidikan bagi anggota serta membangun kemitraan diantara koperasi dan dengan badan usaha lainnya baik di tingkat nasional maupun internasional.

Ditambahkan Ade, Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke 75 Tahun 2022, DEKOPINDA Kabupaten Sumedang menggelar beberapa kegiatan.

” Diantaranya pada hari kami telah melaksanakan sosialisasi penyuluhan dalam bayar pajak, yang kedua kami akan melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan koperasi syariah mesjid besar se- Kabupaten Sumedang yang merupakan program unggulan pemerintah Kabupaten Sumedang, ” jelasnya.

” Kami juga akan melaksanakan kegiatan pemilihan koperasi berprestasi, tokoh koperasi berprestasi dan UKM berprestasi tingkat Kabupaten Sumedang,” tuturnya.

Ade menambahkan, DEKOPINDA Kabupaten Sumedang juga akan mengikuti kegiatan Hari Koperasi Nasional serta melaksanakan Puncak Hari Koperasi pada tanggal 29 Juli 2022.

Dijelaskan Ade, Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara yang digunakan untuk membiayai pengeluaran negara. Sedangkan koperasi adalah sebagai badan usaha yang harus melaksanakan kewajiban dalam membayar pajak.

” Untuk itu saya berharap Koperasi dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi penggangguran, selain itu koperasi di Sumedang bisa menjadi media pemulihan ekonomi Nasional khususnya di Kabupaten Sumedang, ” ujarnya.

Ketua Dekopinwil Provinsi Jabar, Suarni Amina mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sumedang yang terus bekerja sama dengan DEKOPINDA Kabupaten Sumedang untuk membangun koperasi.

” Kami sangat mengapresiasi atas peran pemerintah dalam mengembangkan koperasi di Kabupaten Sumedang, kami sangat bangga karena itu yang kami harapkan kerjasama antar gerakan pemerintah daerah dengan berbagai koperasi terutama dalam membangun dan mengembangkan potesi dan kemampuan ekonomi anggota, masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya” ujarnya.

Suarni juga berharap, koperasi di Kabupaten Sumedang dapat terus berkembang, maju terutama dalam mewujudkan Sumedang Simpati.

Sementara itu, Wabup mengatakan Selaras Dengan Tema Peringatan Hari Koperasi Ke 75 Tahun ini adalah “Transpormasi Digital sebagai gerakan Millenial menuju kemandirian Koperasi” Koperasi harus mampu menghadapi tantangan didunia serta memanfaatkan perkembangan teknologi informasi.

Wabup menyebutkan terkait persoalan mindset dan perubahan tata kelola, koperasi juga harus melakukan reformasi total terhadap sistem yang sudah berjalan.

Ditambahkan Wabup, peran SDM dalam lembaga koperasi tidak hanya sekedar Administrasi namun lebih mengarah kepada bagaimana mengembangkan koperasi agar menjadi kreatif dan inovatif termasuk dalam menghadapi transformasi digital.

” Mari kita wujudkan koperasi yang modern, Saya harap koperasi di Kabupaten Sumedang mampu menjawab tantangan zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya, mari kita kobarkan semangat koperasi sebagai kekuatan ekonomi masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional terutama di Kabupaten Sumedang,” ujar Wabup.

Dikatakanya, Koperasi di Kabupaten Sumedang diharapkan dapat terus meningkatkan kualitasnya agar menjadi badan usaha yang tangguh profesional di berbagai sektor.

(rpg)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments