Friday, October 18, 2024
HomeBeritaPuluhan Hektar Sawah dan Rumah Warga Kalijati Terendam Banjir

Puluhan Hektar Sawah dan Rumah Warga Kalijati Terendam Banjir

Kalijati – Subang – Onediginews.com – Intensitas hujan yang terus menurus turun sejak dinihari, Minggu, (7/2/2021), mengisahkan rasa sedih bagi warga masyarakat di Wilayah Kecamatan Kalijati.

Dengan meluapnya sungai Cibodas yang ada di Tanggulun Timur yang merendam hektaran Sawah, Dan juga meluap nya Sungai atau kali Cicaracas yang ada di Desa Marengmang merendam sekitar 30 Ha Sawah dan Kolam Ikan, bahkan ada pula longsor di lingkungan Desa Tanggulun Timur.

Kepala Desa Tanggulun Timur, Oman Rohana saat di temui di Lokasi banjir menyatakan bahwa dengan meluapnya sungai Cibodas, puluhan Hektar sawah yang siap panen gagal.

“Ya sekitar 1 Bulan lagi panen, namun nama nya juga bencana, mau gimana lagi, beberapa saat lalu, kami pun sudah berkoordinasi dengan pihak Pemkab Subang untuk pengerukan Sungai Cibodas tersebut, namun sampai saat ini belum terlealisasi juga,” ucap Oman.

Hal lain Oman menambahkan, banjir di Desa Tanggulun Timur pun memasuki perumahan warga, dan air yang berasal dari sawah baru, yang biasa nya melewati kali yang menuju ke situ daerah Lanud, namun karena hujan tak ada hentinya, debit air semakin bertambah, dan kali pun tidak bisa menampung debit air, sehingga air masuk ke rumah warga.

“Hal ini sudah kami bicarakan dengan pihak-pihak terkait, dan ini adalah musibah, sedangkan bukan hanya di Desa Kami, bahkab hampir di seluruh Desa di Kabupaten Subang yang terkena Bencana,” ungkap Kades Tanggulun Timur.

Di lain tempat, Kepala Desa Marengmang Usu Sugiono menyatakan bahwa banjir yang merendam Sawah dan kolam ikan di Desa Marengmang, karena intensitas Hujan yang semakin deras, juga tak ada hentinya, dan di tambah lagi ada longsoran di tebing-tebing di pinggiran sawah.

“Di Desa Marengmang, ada 3 titik lokasi Longsor tebing, dan tentunya hal tersebut menyumbat arus air di kali Cicaracas, sehingga air masuk ke persawahan, dan kolam ikan, sedangkan untuk kerugian kami belum memperhitungkan berapa-berapanya,” jelas Usu Sugiono. (WN)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments