Tuesday, October 8, 2024
HomePendidikanUBP Karawang Gelar Wisuda ke - II tahun 2021 Secara Online

UBP Karawang Gelar Wisuda ke – II tahun 2021 Secara Online

Karawang, Onediginews.com – Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, untuk pertama kalinya menggelar wisuda online, Sabtu (31/7/2021). Sebanyak 487 wisudawan dengan 10 wisudawan terbaik menjalani prosesi wisuda secara online melalui zoom, mulai dari pukul 08.00 – 13.00 WIB , Bertempat di Auditorium Gedung Rektorat UBP Karawang.

Meski secara Online, kegiatan wisuda tetap dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Dengan tidak mengurangi khidmatnya prosesi pelantikan. Selama prosesi pelantikan berlangsung pemindahan kuncir dilakukan oleh orang tua/wali yang mendampingi wisudawan.

Rektor UBP Karawang, Dr. H. Dedi Mulyadi SE.,MM., menyampaikan apresiasi dan ucapan selamatnya kepada para wisudawan.

Dikatakannya, Di tengah keterbatasan di tengah masa pandemi, pihaknya bersyukur masih diberi kesempatan untuk bertemu dengan para wisudawan meski dari offline to online.

“Alhamdulillah, kita masih diberi kesempatan untuk bertemu secara offline to online dalam keadaan sehat, berbahagia dan penuh optimisme menyambut masa depan yang lebih baik,” ucapnya mengawali sambutan.

“Kita berharap agar Pandemi Covid – 19 dapat segera berakhir, agar kita bisa menjalani kehidupan secara normal namun dengan tetap menjaga prokes,” harapnya lagi.

Sebagai universitas yang sedang tumbuh berkembang, diungkapkan Dedi, UBP Karawang sudah berhasil meluluskan 1364 alumni dari dua angkatan, sejak 6 tahun UBP didirikan.

“Meski baru 6 tahun kita lahir, yaitu di bulan Oktober 2014 lalu, UBP terus membangun budaya kerja profesional serta mengedepankan budaya mutu yang unggul dengan fondasi kajian akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasis pada budi pekerti, wawasan kebangsaan dan nilai luhur bangsa,” kata Dedi memaparkan.

“Dan UBP Karawang juga sudah menunjukan beragam prestasi bergengsi baik nasional maupun internasional,” ujarnya lagi dengan bangga.

Sebagai pemacu semangat, Rektor UBP Karawang menyebutkan berbagai pencapaian positif yang telah ditorehkan oleh UBP Karawang dalam kurun dua tahun terakhir, antara lain,

1. Menjadi juara 3 dalam ajang prestasi Nasional Mahasiswa Indonesia yang diselenggarkan Ubepe dari Program Studi Farmasi.

2. Ajang kegiatan Bisnis Managemen Mahasiswa Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, dua program studi yaitu Farmasi dengan nama produk Donut Sehat dan Istimewa (Dosis) dan Pendidikan dan Pancasila dengan nama produk minuman Rasa Kita, berhasil mendapatkan hibah.

3. Ajang Program Kreatifitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Delmawa Dikti, dimana Mahasiswa UBP karawang meraih dua hibah. Pertama Hibah Program Kreatifitas Mahasiswa Karya Tulis Ilmiah dan Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan dari Program Studi Ilmu Hukum.

4. Ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud dan masuk  ketingkat nasional dari program studi Psikologi.

5. UBP Karawang menjadi Duta Batik Karawang dalam lomba Putri Batik yang diselenggarakan Pemda Karawang.

6. Dalam Lomba Akselerasi Start Up Mahasiswa Indonesia yang diikuti perguruan -perguruan tinggi Nasional UBP Karawang mendapatkan apresiasi dan hibah dari Kemendikbud dengan nama Start Up BKK Bisa dari Program Studi Teknik Informatika dengan omset diatas Rp. 250 juta /perbulan.

7. Dalam lomba Accounting Challenge yang diselenggarakan Komunitas Jago Indonesia, UBP Karawang meraih juara 3.

“Termasuk lima BUMN yang menerima magang mahasiswa UBP Karawang dari program studi managemen, psikologi, teknik industri dan teknik informatika. Yaitu magang bersertifikat Nasional di PT. Pupuk Kujang, Perum Peruri, PT. Kereta Api Indonesia, Perum Jasa Tirta II, PT. Gas Negara,” paparnya menyebutkan.

Terakhir disampaikannya, UBP Karawang mendapat perangkingan ke- 24 dari 539 Perguruan Tinggi Sejawa Barat. Peringkat ke -164 dari 4498 Perguruan Tinggi Se-Indonesia.

Dan menurut WeboMatrics UBP Karawang menempati peringkat ke- 578 dari 2593 Perguruan Tinggi secara Nasional dan peringkat ke- 15579 dari 28731 Perguruan Tinggi secara Internasional.

“Bahkan diambil dari data Sinta Dikti , UBP Karawang dalam 3 thn terakhir menempati peringkat ke -235 secara Nasional dan menempati klaster 4,” pungkasnya. (Nina)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments