Sunday, September 8, 2024
HomeBeritaUPTD Meteologi Sumedang Gelar Tera Ulang Timbangan Untuk Qurban Gratis

UPTD Meteologi Sumedang Gelar Tera Ulang Timbangan Untuk Qurban Gratis

SUMEDANG | ONEDIGINEWS.COM | Berdasarkan informasi yang di dapat dari pihak UPTD Metrologi Kabupaten Sumedang, dalm waktu dekat ini akan melaksanakan tera ulang timbangan untuk qurban secara gratis.

Terkait pelaksanaanya, akan di selenggarakan di Kantor UPTD Metrologi Kabupaten Sumedang, selama dua hari yakni pada hari kamis dan jumat tanggal 22 – 23 juni 2023, dari pukul 09:00 – 15:00 WIB.

Hal tersebut disampaikan oleh Rini Komala selaku Kepala UPTD Metrologi Kabupaten Sumedang. Selasa, (13/06/2023).

” Jadi kami melaksanakan kegiatan program ini sebenernya sudah tahun ke dua, tahun kemarin juga kami sudah melaksanakan,” terang Rini.

Menurutnya, bahwa tujuanya ialah agar para pegelola qurban itu bisa menggunakan alat timbangnya itu dengan baik.

” Kalau misalanya mereka mau menimbang kan .. biasanya suka di bagi-bagi gitu ya. Jadi agar tepat takaranya, suapaya akurat,” tuturnya.

Ia memberikan gambaran kembali, ” misalnya, mereka menurunkan daging dari satu ekor domba itu kan ada hak satubper tiga dari yang qurban, itu kan harus di hitung dulu dagingnya berapa. Jadi supaya tidak kurang dan lebih dari satu per tiga kan timbanganya haru benar, agar timbanganya akurat lebih baik timbangan tersebut di tera terlebih dahulu,” imbuhnya.

Dikatakanya, bahwa pihaknya dari tahun 2022 dan pada tahun sekarang ini 2023 memberikan pelayanan tersebut secara gratis, tidak ada pungutan retribusi.

” Dengan catatan kondisi timbanganya itu dalam keadaan baik,” tambah, Rini.

Lebih lanjut, onediginews.com menggali lagi seputar jenis – jenis timbangan apa saja yang bisa di tangani oleh pihak UPTD Metrologi Kabupaten Sumedang, khususnya.

” Sebetulnya, setiap timbangan itu terutama yang di gunakan untuk suatu transaksi itu wajib tera,” pungkasnya.

Reporter : Rizky Prasetyo

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments