Babak Baru KNPI Kecamatan Sindangkerta Setelah Rampungnya MUSCAM III Tahun 2020

0
779
Rizky Febriyadi menyampaikan pidato pertamanya usai terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPK KNPI Kec. Sindangkerta pada MUSCAM hari ini (08/09/2020).

ONEDIGINEWS.COM — Kabupaten Bandung Barat (08/09/2020) — Gaung Musyawarah Kecamatan (MUSCAM) di 13 (tiga belas) Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang ada di Kabupaten Badung Barat (KBB) dimulai hari ini dengan tuntasnya penyelenggaraan MUSCAM III Pemuda/KNPI Kec. Sindangkerta yang digelar di Aula Pertemuan Kantor Kecamatan Sindangkerta, Selasa (08/09/2020). Dari 13 (tiga belas) DPK KNPI Kecamatan yang diambil alih (caretaker) oleh DPD KNPI KBB, Caretaker DPK KNPI Kec. Sindangkerta merupakan yang pertama meyelesaikan tugasnya sebagai salah satu agenda penting organisasi di DPD KNPI KBB menjelang digelarnya Rapat Pimpinan Daerah (RAPIMDA) Pemuda/KNPI KBB Tahun 2020 sebelum berakhirnya periode kepengurusan DPD KNPI KBB dibawah kepemimpinan Lili Supriatna lewat Musyawarah Daerah (MUSDA) Pemuda/KNPI KBB akhir tahun ini.

Wahyu Sauban, Ketua Caretaker KNPI Kec. Sindangkerta saat menyiapkan persidangan MUSCAM (08/09/2020).

Wahyu Sauban sebagai Ketua Caretaker DPK KNPI Kec. Sindangkerta mengaku lega karena sudah menunaikan tugas organisasi yang diamanatkan kepadanya, “Saya bersyukur karena sudah dapat melaksanakan MUSCAM III KNPI Kecamatan Sindangkerta yang ditugaskan DPD KNPI KBB kepada kami,” jelasnya. Wahyu juga berharap agar Ketua Terpilih nantinya bisa merangkul semua potensi kepemudaan yang ada di Kecamatan Sindangkerta tanpa pandang bulu.

Imas Nurjanah, salah satu pimpinan sidang MUSCAM III Pemuda/KNPI Kec. Sindangkerta (08/09/2020).

Persidangan MUSCAM III Pemuda/KNPI Kec. Sindangkerta berlangung lancar. Salah satu pimpinan sidang, Teh Imas Nurjanah, mengungkapkan rasa bahagianya karena sudah turut serta mengawal proses kaderisasi kepemimpinan di KNPI KBB melaui MUSCAM tersebut. “Bahagia dong, karena ini hasil persiapan berbulan-bulan lalu. Jadi, pas sudah selesai ya bahagia. Selamat mengemban amanah kepada Ketua Terpilih,” ungkap Teh Imas sambil tersenyum.

Sementara itu, dihubungi via telepon, Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi (OKK) DPD KNPI KBB, Thorif Abdullatief mengatakan: “Kami selaku penanggungjawab rangkaian MUSCAM ini tentu berterima kasih kepada jajaran Caretaker KNPI Kec. Sindangkerta serta semua pihak yang turut membantu kelancaran penyelenggaran MUSCAM hari ini.” Thorif selanjutnya berharap agar 12 (dua belas) Caretaker KNPI Kecamatan lainnya dapat menuntaskan agenda MUSCAM sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh DPD KNPI KBB.

Kemajuan suatu daerah akan banyak dipengaruhi oleh peran generasi muda. Di tengah sajian teknologi digital, generasi muda diharapkan terus berkarya dan berperan aktif memperkenalkan potensi-potensi daerah ke pelosok penjuru. Kondisi tersebut memungkinkan terwujud tatkala di tahun-tahun yang akan datang, bangsa Indonesia (termasuk juga Sindangkerta) akan menikmati bonus demografi. Pada era ini komposisi penduduk Indonesia didominasi usia produktif. Generasi ini lahir di saat era ketika teknologi canggih dan internet semakin masif digunakan, yang ditandai pemanfaatan media sosial sebagai platform komunikasi dan sosialiasi. Tantangan yang dihadapi bangsa saat ini seyogyanya dijawab generasi muda dengan berperan menjadi agen sosial sekaligus perubahan. Berbekal jiwa sukarelawan dan semangat kepemimpinan yang dimilikinya, generasi muda perlu berkontribusi untuk bangsa dengan menjadi tulang punggung pembangunan dan sebagai penggerak perekonomian.

Perwakilan 28 OKP yang menjadi Peserta MUSCAM III Pemuda/KNPI Kec. Sindangkerta (08/09/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh Rizky Febriyadi sesaat setelah dirinya terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Sindangkerta pada MUSCAM III Pemuda/KNPI Kecamatan Sindangkerta, Selasa (08/09/2020). Rizky didaulat secara aklamasi oleh peserta MUSCAM yang dihadiri oleh 28 (dua puluh delapan) perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang bernaung di KNPI Kecamatan Sindangkerta usai tak ada kandidat lain yang muncul.

Lebih lanjut Rizky menuturkan bahwa dirinya berkomitmen akan menyatukan para pemuda khususnya di Kecamatan Sindangkerta dengan menggiring pada upaya peningkatkan kegiatan dalam bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “Di era digital seperti sekarang, ditengah sulitnya lapangan kerja di daerah (Kecamatan Sindangkerta), pemuda harus lebih akrab dengan dunia usaha, tentunya dengan pemanfaatan teknologi yang sekarang ini berkembang (internet) sehingga dapat menjadi solusi alternatif bagi dirinya dan juga masyarakat,” jelasnya.

Rizky Febriyadi, Ketua DPK KNPI Kec. Sindangkerta Terpilih.

Oleh karenanya, untuk dapat mengarah ke hal tersebut, Rizky menilai pentingnya sinergitas pemuda dengan semua unsur lapisan masyarakat termasuk juga pemerintah. “Kami (OKP) semua siap bersinergi dengan pemerintah (FORPIMCAM) dalam membangun Kecamatan Sindangkerta ke depan, dengan berlandaskan pada pemberdayaan dan akselerasi pembangunan dalam hal agama, ekonomi, budaya dan politik,” tegas Rizky.

Ketua DPD KNPI KBB, Lili Supriatna, menyampaikan terima kasih kepada Caretaker KNPI Kecmatan Sindangkerta yang telah berhasil menggelar MUSCAM sesuai jadwal, “Terima kasih kepada kawan-kawan Caretaker dan semua pihak yang turut membantu. Kami tinggal menunggu sisa 12 (dua belas) kecamatan lainnya yang ditargetkan selesai paling lambat tanggal 19 September mendatang,” jawab Lili saat dihubungi via WhatsApp oleh redaksi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, sampai saat ini sudah 4 (empat) DPK KNPI Kecamatan di KBB yang tuntas melaksanakan MUSCAM yaitu Kecamatan Cipeundeuy (sudah dilantik), Kecamatan Ngamprah (sudah terpilih), Kecamatan Gununghalu (sudah terpilih), dan Kecamatan Sindangkerta (sudah terpilih). (red./dhr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here